Sabtu, 15 Agustus 2015

Surabaya Teratas Kota Cerdas

Surabaya, Yogyakarta, dan Magelang terpilih sebagai Kota Cerdas 2015. Ketiga kota ini menjadi peringkat pertama untuk masing-masing kategori kota besar berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa, kota sedang berpenduduk 200.000 jiwa hingga satu juta jiwa, dan kota kecil dengan penduduk 200.000 jiwa.

Penganugerahan Kota Cerdas 2015 digelar pada Kamis (13/8/2015) di Grand Ballroom, Shangri-La Hotel, Jakarta, yang diberikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.


Kota-kota tersebut dinilai memenuhi beberapa kriteria kota cerdas yakni mampu melayani, dan memenuhi kebutuhan warganya secara efektif, efisien, dan berkelanjutan.

Penganugerahan Kota Cerdas 2015 berdasarkan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) yang disusun oleh Harian Kompas, dan Institut Teknologi Bandung (ITB), didukung oleh PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN).

Berikut daftar pemenang Kota Cerdas 2015:

Kategori Kota Besar :
1. Surabaya
2. Tangerang
3. Depok
4. Bandung
5. Semarang

Kategori Kota Sedang
1. Yogyakarta
2. Balikpapan
3. Surakarta
4. Pontianak
5. Malang

Kategori Kota Kecil :
1. Magelang
2. Madiun
3. Bontang
4. Mojokerto
5. Salatiga

Selain sebagai kota cerdas kategori kota besar, Surabaya juga meraih penghargaan sebagai kota cerdas kategori lingkungan. Sementara kategori cerdas secara perekonomian diraih kota Magelang, dan kota cerdas sosial adalah Madiun.

Sumber : Kompas.com
 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More