Sabtu, 15 Agustus 2015

Tiga Cabor Gelar Pra PON di Samarinda

Peluang besar atlit Kalimantan Timur untuk meloloskan atlit-atlitnya mendapatkan tiket pada event akbar Pekan Olahraga Nasional ke XIX di Jawa Barat tahun depan akan semakin bertambah, mengingat adanya cabang olahraga yang akan mengelar kualifikasi (Kejurnas Pra PON) nya di Bumi Etam ini, di antaranya adalah catur, pencak silat dan bola basket.

Cabor (cabang olahraga.red) catur dan pencak silat menggunakan system kualifikasi berdasarkan regional, salah satunya adalah regional Kalimantan. Sementara cabor bola basket menggunakan system kualifikasi Nasional.


Menguntungkan bagi daerah ini (Kaltim.red), dikarenakan kualifikasi tersebut akan digelar di Samarinda. Kualifikasi catur akan melibatkan 6 (enam) daerah propinsi, meliputi Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kalbar, Kaltara dan Bali. Dari kualifikasi yang akan memainkan nomor standard beregu dan perorangan, bagi juara pertama dan ke dua akan langsung mendapatkan tiket ke PON XIX, sedangkan untuk peringkat ke 3,4 dan 5 harus melalui babak play off terlebih dahulu.

Pun demikian untuk cabor pencak silat, juga menggunakan system zona, bedanya dengan catur adalah mengenai waktu pelaksanaanya yang sudah pasti, yaitu pada 2-8 November mendatang bertempat di gedung Pencak Silat Folder Air Hitam Samarinda.

“Yang pasti Kaltim mendapat keuntungan dengan ditunjuk jadi tuan rumah. Targetnya tentu saja meloloskan atlet sebanyak mungkin ke PON XIX tahun depan”, terang Ketua IPSI Kaltim H Syaharie Jaang, yang juga selaku Walikota Samarinda saat ini.

Sementara itu untuk cabor bola basket kemungkinan besar akan menggelar kualifikasi di GOR Segiri Samarinda atau Gedung Basket Kompleks Stadion Madya Sempaja pada bulan September .
Dengan digelarnya tiga cabang olahraga tersebut di Kota Tepian setidaknya memberikan harapan lolosnya banyak atlet ke PON.

Disampaikan terpisah oleh wakil ketua II Bidang pembinaan prestasi KONI Kaltim,“Dengan kita sebagai tuan rumah, itu merupakan kesempatan besar yang harus dimanfaatkan oleh cabang olahraga masing-masing untuk meloloskan atlet dan tim mereka ke PON” .
(Jp)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More