Jumat, 25 Desember 2015

Kabupaten Agraris, Agrobisnis Majalengka Perlu Dikembangkan

Setyo HD dan Tomo Widodo
MAJALENGKA, KABARINDONESIA.CO.ID-Kabupaten Majalengka di Provinsi Jawa Barat, merupakan kabupaten luas dengan begitu besarnya potensi agrobisnis di kabupaten tersebut. Pertanian seperti pertanian padi dan beberapa komoditi lainnya, termasuk buah durian di dikenal hingga luar daerah. Sebagian besar warga juga bermata pencaharian sebagai petani. 

"Majalengka kabupaten agraris, jadi harus dikembangkan dari sisi agrobisnisnya. Wilayahnya luas, potensi besar itu belum tergarap maksimal," kata Setyo Hajar Dewantoro-Pemred kabarindonesia.co.id berbincang dengan pimpinan kabargroup Tomo Widodo, Jumat (25/12/2015) sore. 

Setyo sapaan akrab Setyo Hajar Dewantoro acap berkelilng di berbagai daerah di nusantara, termasuk sering mengunjungi wilayah Majalengka, Kuningan maupun Cirebon. "Memang dibanding kabupaten lain di Jawa Barat, pembangunan fisik Majalengka perlu ditingkatkan lagi. Saat ini tengah dibangun Bandara Internasional, itu harus dituntaskan, demi kemajuan wilayah. Namun sisi potensi agrobisnis jangan sampai ditinggalkan, gali dan dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakatnya," beber Setyo. 

Mutarif dan keluarga
Lanjut Setyo, bandara internasional tersebut bisa mengangkat nama Kabupaten Majalengka di mata nasional, karena mobilitas atau tingkat kunjungan warga akan tinggi melewati Majalengka. "Pembangunan tol juga memacu pertumbungan dan kemajuan di Majalengka," imbuh Setyo. 

Sementara itu Mutarif yang merupakan putra asli Majalengka yang berniat maju dalam pemilihan kepala daerah di Majalengka 2017 mendatang, bertekad memajukan potensi agrobisnis di Majalengka. Mutarif merpakan alumni Sekolah Penyuluh Pertanian (SPP), dan kini dirinya menjadi anggota Polri di Polda Kalimantan Timur. 

"Termasuk sisi akhlak atau pembangunan dari mentalnya, juga kami perhatikan. Tekad kami, Majalengka bisa menjadi kabupaten percontohan di tanah air," kata Mutarif. 

Agendanya Januari ini Mutarif dan rombongan akan menyambangi Majalengka, Mutarif bertemu dengan keluarga besarnya di Majalengka. "Kami optimis, Majalengka menjadi kabupaten yang terus maju dan percontohan," tegasnya. (tw)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More