Minggu, 06 Desember 2015

Strategi Pembelajaran Diferensiasi sebagai Strategi Memahami Keragaman Peserta Didik


STRATEGI Pembelajaran Diferensiasi ini merupakan strategi memahami pelajar untuk belajar bermakna dan menyenangkan. Pelatihan pembelajaran dengan menggunakan “Strategi Diferensiasi” ini memiliki cakupan cara-cara mengajar yang efektif dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar dan keragaman anak didik.

Menurut Endah Priyati sebagai Pendiri Taman Komik Nusantara menuturkan, : “Sebagai pendidik yang bijaksana sebaiknya memiliki kesadaran akan adanya keragaman kebutuhan, kemampuan dan minat anak didik sebagai fitrah yang pasti hadir di ruang-ruang kelas kita. Ujian bagi pendidik terutama guru sebenarnya adalah sejauh mana guru mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna secara maksimal untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media yang dapat dilakukan untuk menyampaikan makna-makna dari keragaman pokok bahasan adalah dengan komik, poster, drama, narasi pendek dan puisi.”


Endah  juga mengajak para guru agar senantiasa menghidupkan pikiran anak didik sekreatif mungkin agar menjadi generasi pembaharu masa depan bangsa. Sebagai seorang pendidik, selain pengetahuan di dalam ruang kelas, guru perlu berorientasi pada pemahaman yang terlekat dan terbawa sampai menembus batas tembok kelas.

Pelatihan Strategi Pembelajaran Diferensiasi yang dikuti perwakilan guru Jabotabek ini telah sukses diselenggarakan pada hari Jumat-Sabtu, 4 - 5 Desember 2015, di Kampus Guru Cikal Cilandak, Jakarta Selatan. (tim kabarindonesia)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More