Kamis, 21 April 2016

Serentak Ketiga, Jadwal Pilkada Majalengka Digelar Juni 2018


Dadang Iskandar
MAJALENGKA, KABARINDONESIA.CO.ID-Dari jadwal yang sudah ditentukan KPU Pusat, untuk pilkada Kabupaten Majalengka masuk dalam pilkada serentak ketiga, yaitu sesuai jadwalnya pada Juni 2018 mendatang. Hal ini ditegaskan Kasubag Teknis Pemilukada dan Hupmas KPUD Majalengka, Dadang Iskandar SSos ditemui kabarindonesia.co.id, baru-baru ini di ruang kerjanya. 

 "Majalengka sesuai jadwalnya, masuk dalam serentak ketiga. Jadi jika tak ada perubahan, pilkada Majalengka digelar Juni 2018," kata Dadang. 

Dia menambahkan, dari aturan yang  berlaku jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pilkada mendatang, dari pemilu terakhir yaitu pilpres, ada sebanyak 966.258 pemilih. Siapa saja warga negara Indonesia (WNI) bisa menjadi calon atau peserta pemilukada, asal memenuhi syarat-syarat, baik itu melalui jalur partai politik (parpol) atau jalur perseorangan/independen. 


"Untuk jalur independen, ada banyak hal perlu diperhatikan. Seperti jumlah KTP yang diambil minimal 6,5 persen dari jumlah DPT. Termasuk penyebaran KTP-nya, 50 persen plus 1 dari jumlah kecamatan yang ada," urai dia. 

"Untuk Kabupaten Majalengka ada 26 kecamatan, jadi penyebaran KTP yang digunakan untuk persyaratan dukungan independen, minimal dari 14 kecamatan," beber Dadang. 

Termasuk mengenai format dukungan ada format tersendiri yaitu dari model B1-KWK perseorangan, berdasarkan P-KPU nomor 12 tahun 2015. (tw) 

 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More