Minggu, 22 Mei 2016

2.307 Wasit Juri Akan Bertugas di PON XIX Jawa Barat 2016

BANDUNG-KABARJABAR.CO.ID - Sejumlah 2.307 wasit dan juri dipastikan akan terlibat dalam kelangsungan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 ini di Jawa Barat yang dijadwalkan pada 17-29 September yang akan datang.

Informasi tersebut tercetus melalui Yudha Saputra, Ketua Bidang Pertandingan PON XIX 2016 Jawa Barat. "Sesuai rekap data sementara, sejumlah 2.307 wasit dan juri akan bertugas pada PON XIX nanti, di mana jumlah tersebut belum termasuk wasit juri bersertifikat internasional", ujar Yudha.

Mengingat wasit dan juri merupakan salah satu pilar penting dalam even besar ini (PON.red), maka tahapan seleksinyapun dilangsungkan sedemikian ketat dan profesional. Itupun masih dilanjutkan lagi dengan penyegaran / refreshing bagi mereka melalui induk cabang olahraga masing-masing.

Yudha menambahkan, bahwa ada beberapa cabang olahraga yang mengajukan untuk menggunakan tenaga wasit atau juri dari luar negeri, namun keterlibatan wasit/juri asing ini tidak untuk memimpin pertandingan namun lebih sebagai konsultan saja. "Ada sekitar 108 orang wasit dan juri nasional yang berlisensi internasional, dan mereka memiliki pengalaman bertugas dalam berbagai kejuaraan di tingkat ASEAN, Asia bahkan di Olimpiade," katanya.

Selain wasit dan juri, juga akan ada tenaga tehnisi dari luar negeri untuk menangani beberapa hal seperti peralatan dan fasilitas tanding, terutama peralatan yang berhubungan dengan alat ukur.
 
Sementara itu perangkat pertandingan yang akan bertugas pada PON XIX/2016 lainnya adalah inspektur pertandingan (IP). Jumlah IP yang bertugas di ajang PON XIX/2016 sebanyak 165 orang serta technical delegate (TD) sebanyak 64 orang, ditambah lagi dengan Dewan Hakim sebagai pengatas permasalahan protes.

Petugas yang juga akan menjalankan fungsi dukungan terselenggaranya PON XIX ini, selain beberapa tugas fungsi di atas, ada juga petugas keamanan khusus, seperti halnya pada cabang balap motor, akan ada 50 orang petugas, sedangkan untuk petugas Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) melibatkan 471 personil yang berasal dari Paskibraka di 16 kabupaten/kota di Jawa Barat yang akan menjadi tuan rumah PON XIX ini. (jp)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More