Jumat, 29 Juli 2016

1000 Penari Topeng Banjiri kediri

KEDIRI.KABARJATIM.CO.ID – Sebagai bentuk upaya melestarikan kebudayaan, utamanya kesenian daerah, Pemkot Kediri jawa Timur melangsungkan acara Festival Tarian taradisional 1.000 topeng panji tadi malam (Kamis 28/7) di stadion Brawijaya Kediri.

Selain itu, kegiatan ini digelar juga dalam rangka memperingati hari jadi ke 1137 Kota Kediri. Demikian disampaikan Abu Bakar selaku Walikota Kediri di sela-sela acara pada awak media.

Acara ini juga dimaksudkan agar berdampak positif pada kegiatan ekonomi warga Kota Kediri, di mana hampir seluruh guru serta siswa di Kota Kediri terlibat langsung dalam acara ini.
      
Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar menambahkan Kota maupun Kabupaten Kediri dikenal dengan cerita panji, terlebih lagi ada fakta yang menunjukkan jika cerita Panji ada kaitannya dengan Kediri.
      
"Di Kediri ada pertapaan Dewi Kilisuci, jadi tanggung jawab kami untuk menggelar kesenian ini supaya eksistensinya terus ada. Alasan 1.000 topeng panji ini, kami ingin perbesar skala dan supaya lebih spektakuler. Dengan ini pula, banyak yang terlibat dan masyarakat pun bisa menikmati," tuturnya.
     
Tentunya acara akbar itu tak hanya menyajikan tarian panji saja, ada juga  pentas grup band lokal serta atraksi dari grup band Endank Soekamti, yang merupakan grup musik dari Yogyakarta. Untuk kegiatan perayaan ulang tahun di Kota Kediri diselenggarakan selama sebulan, mulai 27 Juli hingga 22 Agustus mendatang. (pras)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More