Rabu, 27 Juli 2016

Situbondo Gelar Pameran UMKM Akhir Agustus

SITUBONDO.KABARJATIM.CO.ID –  Dalam rangka untuk membuat lebih dikenalnya produk-produk lokal di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, maka pemerintah setempat berencana untuk mengadakan pameran produk usaha kecil dan menengah pada penghujung Agustus tahun ini.

Acara pameran ini merupakan agenda yang dilaksanakan oleh tiga institusi, di antaranya Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabuaten Situbondo serta bekerja sama dengan Bank Indonesia perwakilan Jember.

Seperti disampaikan Achmad Sugiharto selaku Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Situbondo, "Pameran UMKM ini rencananya akan dilaksanakan pada 31 Agustus hingga 4 September 2016. Dan pesertanya regional atau berasal  dari sejumlah kabupaten/kota tetangga, yaitu Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang”.

Produk-produk kerajinan kerang, kerajinan kayu dan meubel, juga termasuk produk olahan makanan akan dipamerkan pada even ini.

Selain itu, kata dia, nantinya juga di dalamnya akan dilaksanakan ekonomi syariah yang akan dikemas dengan kegiatan seminar ataupun diskusi. Tujuan ekonomi syariah tidak lain bagaimana nantinya ekonomi di Situbondo bisa maju melalui ekonomi syariah.

Tak ketinggalan, kebudayaan Kabupaten Situbondo juga akan memeriahkan acara ini, seperti kesenian Ojung dan topeng kerte serta kebudayaan dan kesenian lainnya

"Di pameran ini kami juga akan memamerkan batik Situbondo untuk dibuat perbandingan dengan batik dari daerah lain. Kami akan mengundang batik dari Madura, Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan juga batik Cirebon. Kenapa dibuat perbandingan batik Situbondo? karena selama ini dinilai mahal dan kurang bagus sehingga kami berinisiatif pameran batik nusantara ini juga dibutuhkan untuk perbandingan batik Situbondo dengan batik daerah lain," paparnya. (pras)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More