Sabtu, 20 Agustus 2016

Hari Pertama Kejurnas Hapkido Pertama


YOGYAKARTA.KABARJATENG.CO.ID - Hari pertama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Hapkido Indonesia usai sudah sore ini (20/8) sekitar pukul 17:00 WIB. 

Kejuaraan yang berlangsung di Gedung Serbaguna Multi Purpose Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta ini berjalan lancar dan sangat rapi sesuai rencana dan persiapan matang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Hari pertama ini mempertandingkan beberapa kelas dan nomor tanding yaitu nomor daeryun (tarung), hyung (jurus), nakbob (lompat) dan hosinsul (beladiri praktis) dengan menggunakan 2 lapangan. Sementara sisa nomor yang belum dipertandingkan atau sisa dari kelas pertandingan hari ini akan dituntaskan keesokan harinya.

Menarik untuk disimak dan diamati, bahwa pada kejuaraan kali ini banyak terjadi hal-hal unik dan berbeda, mengingat kejuaraan ini adalah kali pertama digelar untuk level nasional. Seperti adanya catatan sejarah yang ditorehkan para kontestan berupa catatan prestasi pada kejuaraan pertama ini. Selain itu tatanan dan rangkaian kegiatan yang berjalan sangat tertib dan rapi.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari kerja keras panitia yang sudah bersinergi bahu-membahu untuk mensukseskan acara ini. Dan koordinasi serta hirarki alur kerja yang sangat sistematis dibawah arahan komando yang baik dan terarah. Juga suasana kekeluargaan yang sangat kental antar kontingen dan peserta meskipun mereka berasal dari daerah yang berbeda dan tak dekat jaraknya bahkan berbeda pulau dan suku bangsa. 

Hingga berita ini ditulis, masih belum terkonfirmasi secara detil rekap hasil sementara perolehan medali dari masing-masing kontingen. Namun dari pantauan kabarjateng.co.id di lokasi kegiatan, nampaknya peta kekuatan cukup merata, meskipun tak sedikit daerah yang memang baru pertama kali ini mengikuti ajang kompetisi olahraga ini. Mendominasi permainan di lapangan adalah tim-tim besar seperti Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Banten, Jawa Barat dan Yogyakarta. namun tim baru seperti Kalimantan Timur, Bali serta Aceh pun tak luput dari perolehan medali.

Kejuaraan akan dilanjutkan esok pada pukul 09:00 WIB pada tempat yang sama mempertandingkan nomor-nomor level senior dan junior. Esok juga akan terselingi kegiatan Upacara pembukaan dan atraksi demonstrasi Hapkido yang akan dibawakan langsung oleh tim demonstrasi dari Korea Selatan. 

Pada Upacara pembukaan rencananya akan hadir perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat. "Kalau tidak ada perubahan rencana Ketua KONI atau wakilnya akan hadir dan membuka secara resmi acar ini", ujar Yoyok Suryadi selaku Tehnical Delagate kejuaraan. (munadi ts)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More