Kamis, 25 Agustus 2016

Karnaval Jalan Kaki Jadi Hiburan Warga Purworejo

PURWOREJO.KABARJATENG.CO.ID - Semarak peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71 banyak dimeriahkan berbagai acara hampir di seluruh wilayah di bumi nusantara. Selepas upacara bendera tangal 17 Agustus yang lalu, acara demi acara dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan bangsa terus berlanjut. 

Pun demikian di Purworejo, salah satu Kota Kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Siang ini (25/8) menyajikan acara untuk masyarakat luas melalui gelaran karnaval jalan kaki di tengah kota.

Kota berjuluk Kota Berirama ini mempersembahkan hiburan karnaval yang diikuti oleh 48 peserta (tim) meliputi instansi daerah dan beberapa sekolah di wilayah kabupaten ini. Karnaval mengusung tema "Indonesia Kerja Nyata", sesuai dengan tema peringatan HUT RI ke 71.

Karnaval jalan kaki diawali dengan upacara di Jalan Proklamasi (depan Kantor Bupati), ditandai dengan pelepasan bendera start oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM didampingi oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Ketua DPRD Munawir SPd MPd, Polres, Kasdim, Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Ketua TP PKK Ny.Riri Fatimah Verena Prihastyari SE, Kepala Koperindagpar, dan dinas instansi terkait..  

Dalam sambutannya pada upacara pelepasan, Bupati menyampaikan sambutan sekaligus pesan kepada segenap peserta.

“Kedepan pelaksanaan karnaval, saya minta menjauhi bentuk-bentuk pelecehan. Menciptakan hal-hal yang lucu sangat dbolehkan karena untuk menghibur,  tapi harus dengan cara-cara yang santun, karena kita budaya ketimuran. Yang masih kental dengan budaya kesopanan,” tandas Bupati kepada para awak media saat menyaksikan karnaval.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, “Harapannya tidak hanya berkreatif di kegiatan karnaval, namun lebih dari itu agar semua elemen masyarakat dapat berinovasi sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk mengisi kemerdekaan dalam bentuk memajukan Kabupaten Purworejo dan kesejahteraan masyarakat. Karena pembangunan juga menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah kabupaten yang didukung semua elemen masyarakat. Termasuk menggali piotensi lokal yang ada,” harap Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindagpar Dra.Suhartini MM yang juga Ketua Panitia memaparkan, bahwa tujuan kegiatan nkarnaval ini sebagai wadah berekspresi dan berkreasi bagi peserta kegiatan karnaval dalam memperingati HUT ke 71 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Purworejo, selain itu kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan dan menanamkan semangat nasionalisme dan rasa bangga kepada bangsa dan negara.

Karnaval hari ini diikuti oleh peserta karnaval  kelompok SMA,SMK,MA, Perguruan Tinggi, dinas instansi, umum, yang semuanya berjumlah 49 peserta. Untuk kejuaraan akan ditambil juara I,II,dan III dari setiap kategori kelompok. Misalnya kelompok SD, SMP, TK dan PAUD, umum masing-masing juara 1 sampai 3. 

Adapun jalur karnaval jalan kaki ini meliputi rute Alun-alun Purworejo, kemudian ke arah selatan hingga depan Polres Purworejo kemudian ke arah kanan ke  Jalan Raya Kutoarjo dan berbelok ke arah kanan melalui daerah Pangen Koplak hingga Jalan Meranti dan berakhir kembali di Alun-Alun Purworejo.

Juara akan ditentukan melalui sidang esok hari, kemudian hasilnya kami serahkan kepada panitia.  

Nampak kemeriahan acara tersebut ditandai dengan penuh sesaknya para warga memadati pinggiran jalan sepanjang rute karnaval tersebut. (munadi ts)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More