Kamis, 29 September 2016

Selamat dan Terima Kasih



Oleh : Kang Aher
 
ALHAMDULILLAH  Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX 2016 sudah menyelesaikan seluruh jadwal pertandingan. Sebanyak 756 medali emas, 756 perak, dan 979 perunggu telah diperebutkan  oleh 9.533 atlet yang bertanding pada 756 nomor dari  44 cabang olah raga yang dipertandingkan.  Tinggal tersisa satu agenda, yakni upara penututan PON XIX oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang, insya Allah digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (29/9/2016) malam nanti.


Sudah selayaknya bahkan wajib kita beryukur bahwa PON XIX terselengara dengan baik. Bahwa dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala dan dinamika, terutama di arena pertandingan, semua itu masih dalam tingkat kewajaran dan tidak menggangu penyelenggaraan secara umum. Semua itu biasa terjadi dalam suasana kompetisi. Namun, semangat persanginan yang sehat dan kekeluargaan yang harmonis tetap terjaga.

Selain menjadi ajang untuk meraih prestasi dan memecahan rekor-rekor baru oleh para atlet, pekan olah raga nasional terbesar itu juga merupakan wahana mempererat persaudaraan dan memperkuat jiwa nasionalisme. Hal itu sangat terlihat di arena pertandingan. Meski terjadi persaingan ketat antar atlet daerah, bahkan terkadang diwarnai ketegangan-ketengangan, semuanya sirna dengan pelukan dan saling mengucapkan selamat. Itu adalah gambaran bahwa seluruh atlet dan kontingen memegang teguh  jiwa sportivitas dan respect, saling menghormati.

Dengan berakhirnya pertandingan 44 cabang olah raga, dua dari  program Catur Sukses PON XIX, yakni sukses penyelenggaraan dan prestasi, bisa kita raih. Dua sukses lainnya yakni sukses pemberdayaan ekonomi, dan sukses administrasi, mudah-mudahan juga bisa kita capai secara bersamaan.

Sebagai Ketua Umum PB PON XIX 2016 Jabar saya menyatakan, keberhasilan ini  tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Kolaborasi semangat, tekad, dan kesamaan tujuan dari  semua pihak adalah kuncinya. Sangat tidak mungin  event olah raga nasional terbesar ini bisa terselenggara dengan baik tanpa adanya pengorbanan, pemikiran, energi, waktu, pendanaan, dan berbagai upaya lainnya. Semunya dicurahkan  untuk mewujudkan suksesnya PON XIX 2016.

Sudah selayaknya kita bersyukur dan berbangga. Perjuangan panjang semua pihak telah berhasil menciptakan ruang bagi para atlet untuk berkompetisi dan mengukir prestasi, tidak hanya bagi dirinya tapi juga untuk daerah dan Indonesia.  PON XIX 2016 telah menjadi ajang pembuktian hasil latihan dan kerja keras para atlet, pelatih, ofisial, dan pengurus cabang olah raga.

Untuk itu, teriring rasa bangga dan syukur, kami menyampaikan selamat dan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat, seluruh kontingen se-Nusantara, para atlet, pelatih, ofisial, masyarakat Jawa Barat dan stakeholder  lainnya yang telah bekerjasama dan berjuang bersama  menyukseskan PON XIX 2016 sejak persiapan awal hingga akhir penyelenggaraan. Berbagai prestasi yang diraih pada PON XIX/2016 Jawa Barat ini  mudah-mudahan menjadi  momentum kebangkitan olah raga nasional.***

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More