Kamis, 01 September 2016

Sumaria Daeng Toba, Sepak Terjangnya hingga Kancah Nasional

Sumaria Daeng Toba
BALIKPAPAN, KABARINDONESIA.CO.ID-Tak lagi asing nama Sumaria Daeng Toba, salah satu tokoh perempuan yang kiprahnya hingga tingkat nasional, permainan dan sepak terjang serta  bisnisnya sampai ke berbagai pelosok nusantara. Kamis (1/9/2016) malam, kabarindonesia.co.id berkesempatan wawancara dengan Sumaria yang saat ini menjadi Ketua Perkumpulan Wirausaha Perempuan Indonesia (Perwira) Kaltim. 
Sumaria dikenal energik, supel dan pantang menyerah dalam kehidupan. Gambaran sosok yang kuat dan tegar,  anak dari pejuang Daeng Toba yang namanya memang dikenal di seluruh Nusantara. 

Menilik kiprah Sumaria, ternyata Sumaria malang melintang di kancah nasional, baik dari sisi bisnis, politik atau kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Seperti di era 90-an, Sumaria menjadi jurnalis di Jakarta, dirinya dikenal di berbagai kalangan pejabat pusat. 


"Saat itu di medianya Mbak Tutut Soeharto  (Sri Hardijanti Rukmana), banyak pengalaman jurnalistik di Jakarta dan seluruh nusantara, karena memang tugas hingga ke daerah-daerah di berbagai provinsi tanah air," kata Sumaria yang juga Ketua Dewan Harian Cabang (DHC) 45 Kota Balikpapan. 
"Saya memang suka berorganisasi, mengembangkan kegiatan sosial kemasyarakatan. Saya pernah di Habibi Center, bersama grup Cendana melakukan berbagai kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat luas," urai Sumaria. 
Sebagai jurnalis, yang terakhir Sumaria bergabung di grupnya Surya Paloh, wawasan dan pergaulan Sumaria pun sangat luas.  "Ya mainnya memang luas, seluruh Indonesia. Pernah ke Irian bersama Ully Sigar Rusady dalam misi sosial, di Balikpapan karena ini dulu tempat peruangan Bapak (Daeng Toba)," kata Sumaria. 

Sisi menarik, di dunia politik nama Sumaria sangat dikenal. Dari berbagai era kepresidenan, Sumaria menjadi tim sukses, dan dirinya dekat dengan berbagai presiden. Seperti era Gusdur, Sumaria mendapat tugas untuk memantau pemekaran kabupaten di wilayah Indonesia Timur. Dirinya pun dikenal dekat dengan Megawati Soekarno Putri, pun saat era Presiden SBY hingga menjadi tim relawan Presiden Jokowi. 

Kendati bermain hinggga level nasional, Sumaria senang bergaul dengan lapisan masyakat bawah. Tak heran, masyarakat kecil banyak kenal dan dekat dengan Sumaria. "Seperti di Perwira Kaltim ini, banyak merangkul para pelaku UMKM, dari situ ekonomi berbasis kerakyatan dikembangkan," tutup Sumaria. (tw)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More