Sabtu, 01 Oktober 2016

Melalui Perwira Kaltim, Sumaria Teruskan Perjuangan Daeng Toba


Sumaria : Kami Komitmen Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kaltim 
 
Sumaria bersama para pengurus Perwira Kutai Timur
BALIKPAPAN, KABARINDONESIA.CO.ID-Bukan merupakan organisasi wanita biasa, namun Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kalimantan Timur mampu menjelma menjadi wadah akvititas kaum perempuan yang benar-benar produktif, demi tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jadi, bukan sekadar berkumpul, arisan atau ngerumpi, Perwira Kaltim yang dipimpin Sumaria Daeng Toba, kini menjadi salah satu motor pergerakan kaum perempuan dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku usaha miro, kecil dan menengah (UMKM). 
Sumaria bersama Ketua Perwira Kutim Hj Nuraini
Diwawancarai kabarindonesia.co.id di kediamannya Jl Milono Balikpapan, Sumaria menegaskan semangat juangnya dalam mengembangkan Perwira Kaltim, dengan langkah nyata : kerja, kerja dan kerja. 
"Perwira menjadi wadah aktivitas nyata kaum perempuan dari berbagai kalangan, tidak memandang suku, agama atau golongan, semua dirangkul untuk menciptakan peluang kerja, mengembangkan usaha demi peningkatan perekonomian masyarakat," kata Sumaria yang merupakan putri pejuang Kaltim Daeng Toba. 
 "Jadi kami tidak main-main, atau sekadar berorganisasi biasa. Ketum Pusat, Ibu Elza Syarief juga komitmen penuh, bagaimana rakyat bisa sejahtera, makanya kami gerakkan para pelaku UMKM," imbuh Sumaria. 
Senada dengan perjuangan sang ayah Daeng Toba, kini Sumaria meneruskan perjuangan ayahandanya tersebut. Jika dulu Daeng Toba berjuang mengusir kaum penjajah dari tanah air dan merebut kemerdekaan agar rakyat bisa bebas sebagai bangsa yang merdeka, kini pun Sumaria juga berjuang. 
"Perjuangan itu tidak ada hentinya. Saya meneruskan perjuangan ayah saya, almarhum Daeng Toba, pejuang Kaltim. Dulu beliau berjuang mengusir penjajah di Kaltim, kini saya juga berjuang, meneruskan perjuangan agar di alam kemerdekaan ini, masyarakat benar-benar merdeka. Merdeka mampu sejahtera, ekonomi masyarakatnya berkembang baik. Dan itu tujuan dari Perwira Kaltim," jelas Sumaria yang baru kembali dari perjalangan kunjungan kerja ke DPC Perwira Bontang dan Sengata (Kutai Timur). 
"Semua pengurus kompak, berjuang demi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kaltim. Sudah banyak para pelaku UMKM menjadi binaan kami," imbuh Sumaria yang pada Minggu (2/10/2016) melakukan kunjungan kerja ke Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Paser. 
Untuk diketahui, kini sudah 9 DPC Perwira di Kaltim yang terbentuk yaitu DPC Perwira Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara, Bontang, Kutai Timur, Penajam Paser Utara, Paser, Berau dan DPC Perwira Kutai Barat (Kubar). "Tinggal 1 DPC lagi yaitu Mahakum Ulu (Mahulu), nanti juga kami bentuk Perwira Mahulu. Ibu Ketum (Elza Syarief), sudah meminta segera dilakukan pelantikan," urai Sumaria. 
Banyak pihak mendukung gerakan Sumaria melalui Perwira Kaltim, di tengah kondisi keuangan daerah yang defisit ini, memang perlu gerakan yang proaktif, kreatif dan tepat sasaran dalam membangkitkan ekonomi masyarakat. Badan krisis acap terjadi, namun sektor UMKM terbukti mampu berdiri di kondisi perekonomian sulit. 
"Perlu kami tegaskan pula, kami tidak bermain politik praktis. Jadi dikembangkannya Perwira Kaltim ini, buka untuk tujuan politik praktis. Tapi memang benar-benar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa memandang perbedaan," tegas Sumaria. (tw)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More