Minggu, 21 Mei 2017

MERAYAKAN KEBANGKITAN NASIONAL KE-109 : BERSAMA TAMAN KOMIK NUSANTARA & GERAKAN LITERASI SEJARAH



Endah Priyati dan Citra Amelia dari Taman Komik Nusantara
SERANGKAIAN kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109 yang dilakukan oleh Endah Priyati selaku pendiri Taman Komik Nusantara yang diadakan tepat pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional, Sabtu 20 Mei 2017 berlangsung seru dan meriah. Spirit menggambar komik kali ini bertema tentang keanekaragaman budaya Nusantara dan perjuangan tokoh pahlawan bangsa. Makna kebangkitan yang direfleksikan dalam kegiatan ini adalah upaya menumbuhkan rasa persatuan dan solidaritas di kalangan generasi muda untuk saling menghormati dan bekerjasama menguatkan rasa kebangsaan dalam kebhinekaan. Keterampilan menggambar komik senantiasa terus dikembangkan dengan saling asah, asih dan asuh demi penciptaan karya yang lebih baik lagi supaya bisa masuk dalam industri kreatif yang memiliki nilai budaya tinggi. 


Komik bertemakan Kebangkitan Nasional 
Adapula Gerakan Literasi Sejarah yang dikreasikan bersama para siswanya di sekitar Monas merupakan gerakan kesadaran sejarah yang menumbuhkan ketertarikan minat baca, mengolah kritik sumber dan mengasah kreatifitas. Gerakan ini juga menjadi ajang dialog menarik ketika dipresentasikan yang mengusung tema "Pergerakan Nasional" dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Ketika generasi muda masa kini lebih cenderung menyukai cara belajar secara visual, kemudian selera visual itu disalurkan melalui belajar dengan membuat tulisan sejarah sederhana dan berkelompok lalu dipresentasikan.


Pada puncak acara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109, Endah lantang bicara spirit kebangsaan yang selayaknya merangkul segenap elemen suku, agama, dan aspek kebhinekaan lainnya agar tetap tercipta sinergi kebangsaan dan spirit mengokohkan simpul kesadaran sebagai bangsa yang secara fitrah beragam. Endah di 
hadapan sekitar ratusan pelajar muda mengajak agar generasi muda dapat menjadi tunas mulia yang berkeluhuran budi. (*) 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More