Kamis, 07 September 2017

Kemerdekaan dan Perdamaian Harapan Semua Bangsa, Agama dan Umat Manusia

oleh : Aktivis Dayak Borneo Advokat Lusiano SH MSi

KONFLIK militan Rohingnya dengan militer Pemerintah Myanmar bukan kohflik agama yang mengorbankan hak-hak kemanusian warga sipil Rohingnya yang mayoritas beragama Muslim dan sebagai warga minoritas di Myanmar yang didominasi mayoritas warga negaranya beragama Budha. 
Konflik ini sudah cukup lama berlanjut, tidak bisa diredam oleh Pemerintah Myanmar. Indonesia sudah mengambil sikap tepat sebagai negara tetangga terdekat dan tempat tujuan dan penampungan pengungsi Etnis Rohingnya Myanmar. Pembunuhan pembantaian yang terjadi di Negara Myanmar terhadap Etnis Minoritas warga sipil muslim adalah tindakan pelanggaran hak asasi manusia, kita sebagai negara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 45 yang mayoritas juga ber agama Islam, termasuk yang beragama non Muslim prihatin sedih dan mengutuk keras tindakan-tindakan kekejaman yang dilakukan militer Pemerintah Myanmar terhadap warga sipil Rohingnya terlepas apapun agamanya karena ini menyangkut hak asasi manusia. 

Kita Gemakan pada dunia agar segera menghentikan tindakan kekerasan kemanusian jangan berlajut. Hal ini juga adanya kemungkinan satu kebencian terhadap Etnis Rohingnya bukan agama, di Myanmar yang minoritas dan dianggap tidak diakui sebagai warga Negara Myanmar. 
Kita berharap dan mendoakan agar konflik di Myanmar segera berakhir dan diakhiri. Hak hidup dan hak kemanusiaan warga sipil dan militan tentunya dapat dibedakan yang militan dan warga sipil bukan militan dan dari pihak-pihak militan Rohingnya juga dapat menghentikan gerakan-gerakan perlawanan terhadap militer dan Kepolisian yang sudah banyak mengorbankan jiwa dan hak hidup dan hak kemanusiaan warga sipilnya. 
Berdamailah supaya bisa terjadi perdamaian yang abadi. Kemerdekaan dan perdamaian dunia hak segala bangsa. Harapan hidup segala bangsa, semua agama dan umat manusia adalah damai di bumi dan di sorga. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More