Rabu, 24 Januari 2018

Pilpres 2019 Jokowi Vs Prabowo

JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID - Bila pilpres dilaksanakan sekarang, Joko Widodo (Jokowi) mendapat dukungan terbanyak, selanjutnya Prabowo Subianto.

"Belum ada nama lain yang mendapat dukungan signifikan,"  demikian laporan survei Kekuatan Parpol dan Calon Presiden Saiful Mujani Research & Consulting, Rabu (24/1/2018).

Dalam laporan itu, dukungan terhadap Jokowi cenderung semakin menguat, sedangkan Prabowo sebagai pesaing terdekatnya cenderung melemah. Mujani menambahkan, pemilih nasional menilai bahwa Jokowi dan pemerintahannya berkinerja baik, dan dianggap semakin membaik.

Penilaian atas kinerja atas kinerja Jokowi positif itu konsisten dengan penilaian atas kondisi makro nasional (ekonomi, politik, hukum, keamanan dan sosial). Semuanya dinilai semakin baik secara umum. Dalam posisi Jokowi yang kuat, maka dia punya keleluasaan untuk menentukan siapa cawapresnya. Tetapi belum ada calon wakil presiden yang menonjol untuk Jokowi.

Bila tidak ada peristiwa besar dalam kurun waktu 1,5 tahun ke depan, seperti skandal korupsi, krisis ekonomi atau keamanan yang memburuk, maka kemungkinan besar PDI Perjuangan akan kembali menjadi parpol dengan perolehan suara paling besar, dan Jokowi akan terpilih lagi menjadi presiden. PDI Perjuangan dan Jokowi masih terkait.

Survei Saiful Mujani Research & Consulting ini menggunakan sistem random dengan teknik wawancara yang berlangsung 7-13 Desember 2017, dengan jumlah responden sebanyak 1.220 orang umur 17 tahun atau sudah menikah ketika survei dilakukan. (sm)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More