Jumat, 28 Desember 2018

Jangan Panaskan Ulang 7 Makanan Ini Jika Tak Ingin Menjadi Racun yang Membahayakan Kesehatan, Nomor 3 Paling Sering Dilakukan

Ilustrasi: Hidangan makanan di meja.
Sabtu, 29 Desember 2018

KABARINDONESIA.Co.Id, Jakarta -- Sudah umum bagi sebagian orang sering memanaskan ulang makanan sisa semalam. Bahkan, untuk menghemat waktu dan energi beberapa orang bebih memilih memanasi ulang makanan sisa mereka di kompor atau microwave agar terasa enak kembali.


Ya, hal ini tentu telah menjadi biasa terjadi di rumah tangga. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa, kita juga perlu memahami dari bahayanya memanaskan kembali makanan sisa.

Dilansir dari Boldsky, dikatakan makanan yang dimasak ulang akan cenderung kehilangan nilai nutrisinya, terutama makanan berprotein tinggi. Memanaskan ulang makanan bisa membuatnya berubah menjadi racun yang membahayakan di tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa memanaskan kembali makanan tertentu bisa berakibat fatal bagi kesehatan karena tidak semua makanan yang dipanaskan baik untuk dikonsumsi. Hal itu dikarenakan makanan akan bereaksi dengan bakteri saat mereka disimpan atau dipanaskan ulang.

Oleh karenanya, kita perlu ketahui, beberapa makanan berikut ini sebaiknya tidak boleh kita panaskan ulang. 


1. Seledri 

Seledri memiliki kandungan nitrat tinggi yang bisa menjadi racun jika dipanaskan lagi. Nitrat berubah menjadi nitrit setelah dipanaskan kembali.

Seledri biasanya ditambahkan dalam sup sehingga kita bisa mengeluarkan seledri dari sup sebelum memanaskannya kembali.

2. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam sebaiknya tidak dipanaskan kembali di microwave.
Bayam terdiri dari nitrat dan bila dipanasi kembali, bisa berubah menjadi racun dengan melepaskan sifat karsinogenik yang bersifat kanker.

Juga kandungan zat besi pada bayam dapat mengoksidasi zat besi setelah pemanasan ulang, ini bisa menyebabkan radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

3. Beras

Menurut Food Standards Agency (FSA), jika kita makan nasi yang dipanaskan ulang bisa menderita keracunan makanan.

Ya itu benar! Hal ini karena adanya bakteri yang sangat resisten yang disebut Bacillus Cereus bisa menghasilkan spora yang beracun.

Jika nasi dipanaskan ulang, bisa menyebabkan spora berlipat ganda.

4. Jamur

Jamur harus dimakan begitu sudah siap.

Mereka adalah pembangkit tenaga listrik protein yang saat dipanaskan dapat mematahkan protein lebih jauh.

Hal ini dapat merusak sistem pencernaan kita dan karenanya, memanaskan kembali jamur akan menghasilkan racun dalam tubuh.

5. Kentang

Kentang kaya akan potassium, vitamin C dan vitamin B6 dan saat dipanaskan kembali, ada kemungkinan peningkatan produksi bakteri yang mematikan.

Untuk menghindari pertumbuhan bakteri, simpan kentang masak di dalam kulkas dan konsumsi dalam 1-2 hari.

6. Telur

Telur adalah sumber protein yang sangat baik dan jika telur matang atau telur rebus dipanaskan lagi dan lagi, hal itu dapat menyebabkan kerusakan serius pada sistem tubuh kita.

Telur yang dimasak harus segera dimakan dan jika disimpan dalam jangka waktu yang lama, jangan dipanaskan ulang, cukup makan dingin.

Itu karena makanan berprotein tinggi mengandung banyak nitrogen dan ini bisa teroksidasi karena pemanasan ulang.

7. Daging Ayam

Kue ayam ataupun hidangan yang dibuat dengan ayam sebaiknya tidak dipanaskan lagi dan lagi. Karena kandungan protein tinggi pada ayam benar-benar berubah saat terkena panas ini bisa mengganggu sistem pencernaan kita dan menyebabkan masalah pencernaan. [*/mx]

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More