Jumat, 08 April 2022

Selamatkan Kota Balikpapan dari Beban Populasi IKN yang Signifikan

Catatan : Suriansyah alias Prof (Ketum Ormas Gepak Kuning) 

Suriansyah
IBU Kota Negara (IKN) Nusantara adalah mega proyek pemerintah pusat yang kita ketahui bersama akan mengubah segala aspek kehidupan masyarakat Kalimantan secara menyeluruh. Tidak terlepas pula di antara secara khusus adalah Kota Minyak Balikpapan sebagai kota penyangga utama IKN Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur. 

Tercatat dalam beberapa bulan terakhir populasi penduduk di Kota Balikpapan bertambah sekira 6.000 jiwa, menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan. 

Angka yang sangat progresif pastinya di tengah pembangunan IKN Nusantara beserta seluruh infrastrukturnya. Terkait dengan hal itu Balikpapan sebagai penyanggah memiliki beban yang tidak ringan terutama sebagai kota yang masih minim lapangan kerja dan infrastrukturnya. 

Jujur saja kami sangat prihatin di tengah meningkatnya jumlah populasi penduduk di Kota Balikpapan, sementara sedikitnya lapangan kerja dan infrastrukturnya tentu angka 6.000 jiwa itu sangat mencemaskan bagi Kota Balikpapan itu sendiri sebagai kota penyangga IKN Nusantara. 

Bagaimana tidak? Ketika 6.000 jiwa itu tidak dapat terakomodir dengan baik secara kesejahteraan dan finansial, individu dari masing-masing jiwa, tentu saja di tengah minimnya lapangan kerja dan infrastrukturnya sebagai penyanggah, Balikpapan akan menjadi kota sementara sebagai penampung pengangguran di tengah pembangunan IKN Nusantara. 

Seharusnya pemerintah pusat dalam hal ini sudah harus mengantisipasi permasalahan tersebut. Kepala Badan Otorita setidaknya harus punya hitungan yang jelas untuk mengatasi hal tersebut. Karena dampak sistemik yang realistis, yang kemudian akan ditimbulkan dari minimnya lapangan kerja dan insfratruktur di Kota Balikpapan, tentu saja tidak lain dan bukan adalah meningkatnya angka kriminalitas seperti pencurian, penipuan, prostitusi dan lain sebagainya. 

Hal inilah yang menjadi kekhawatiran kami sebagai tokoh masyarakat di Kota Balikpapan khususnya. Oleh karena itu kami berharap pemerintah pusat yang diwakili oleh Kepala Badan Otorita IKN Nusantara dapat memberikan atensi khusus atas hal ini, demi stabilitas dan kamtibmas di wilayah Kota Balikpapan sebagai penyangga IKN Nusantara di PPU Kalimantan Timur. 

Jangan sampai keterlambatan dalam mengambil tindakan pencegahan ini oleh pemerintah pusat, mengakibatkan berubahnya sikap kami sebagai masyarakat Kota Balikpapan untuk cenderung menolak diteruskannya pembangunan IKN Nusantara. Sekali lagi kami tegaskan, Balikpapan sebagai penyangga IKN Nusantara untuk saat ini butuh perhatian khusus di tengah meningkatnya populasi penduduk yang begitu signifikan hingga tembus penambahannya di angka 6.000 jiwa. (*)

Baca Juga :

1 komentar:

  1. This minimizes manufacturing prices, Humidifiers for Bedroom because the overheads are considerably reduced. 4) One of the major advantages of utilizing plastic injection molding is the usage of} co-injection molding which makes it possible to make use of sorts of|several varieties of|various sorts of} plastic. JE Series machines are especially suited for the manufacturing of precision injection molding products for the medical, electronic and IT communications fields.

    BalasHapus

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM