Senin, 15 Juni 2020

Ketua DPRD Kukar Kunjungi Yayasan Jejak Pulang

Orangutan juga 'Warga Negara Indonesia', Lindungi dan Jaga Habitatnya

Ketua DPRD Kukar mengunjungi Yayasan Jejak Pulang di Samboja (ist/kk)
SAMBOJA, KABARKALTIM.CO.ID - Pada Minggu 14 Juni 2020, Yayasan Jejak Pulang mendapatkan kunjungan dari Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, Abdul Rasid . Pada lawatannya ke Yayasan Jejak Pulang, Ketua DPRD Kukar berkesempatan mengunjungi Pusat Penelitian Orangutan (Orangutan Research Center) yang berada di kawasan hutan dengan tujuan khusus ( KHDTK ) Balitek KSDA Kelurahan Sungai Merdeka Kecamatan Samboja, Kukar. 
Sebagaimana diketahui, Yayasan Jejak Pulang adalah Yayasan Konservasi Orangutan non profit yang bekerja sama dengan Balitek KSDA & BKSDA Kalimantan Timur di dalam hal penyelamatan, rehabilitasi serta pelepasliaran orangutan. 
Ketua Yayasan Jejak Pulang Hery Estaman memberi penjelasan kepada Ketua DPRD Kukar (ist/kk)
Saat ini ada 9 orangutan yang berada di pusat rehabilitasi dan beberapa di antaranya sedang disekolahkan ke hutan untuk mengasah kemampuan mencari pakan, memanjat pohon, membuat sarang, mengenali hutan agar kembali liar dan memiliki kemampuan bertahan hidup untuk dapat dilepasliarkan kembali ke hutan habitat asli orangutan. 
Hutan KHDTK yang merupakan tempat sekolah hutan bagi orangutan Yayasan Jejak Pulang memiliki luas 3.504 hektare. Hutan ini merupakan satu-satunya hutan yang tersisa di hulu sungai Kecamatan Samboja. Maraknya aktivitas tambang batubara dan perkebunan kelapa sawit di seputaran hutan KHDTK menjadikan hutan KHDTK sebagai salah satu tempat satwa bertahan hidup.
Hutan KHDTK kaya akan flora dan fauna. Di kawasan ini hidup satwa liar dilindungi seperti beruang madu, enggang, macan dahan dan masih banyak lagi satwa endemik Kalimantan yang hidup di sini.
Dalam keterangannya Ketua Yayasan Jejak Pulang Hery Estaman, mengharapkan dukungan Ketua DPRD Kukar beserta jajaran Pemerintah Kukar, untuk bersama-sama menjaga, melindungi kawasan hutan KHDTK Kecamatan Samboja, serta tentu saja orangutan dan habitatnya.
"Orangutan juga Warga Negara Indonesia.. Mari bersama sama kita lindungi orangutan dan habitatnya," celoteh canda Hery dan disambut kata Siapp!! penuh semangat oleh Ketua DPRD Kukar. (*/kk)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM