Minggu, 10 September 2023

Gemapakti DKI Jakarta Lestarikan Nilai-nilai Ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Sarasehan Pembentukan Pengurus dan Program Kerja Gemapakti 2023 - 2028

Pembentukan pengurus Gemapakti DKI Jakarta periode 2023 - 2028
JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID – Bertempat di Pasewakan Bina Budi Kinasihan, Jakarta Timur, Sabtu 9 September 2023, digelar sarasehan pembentukan pengurus dan penyepakatan program kerja Gemapakti DKI Jakarta periode 2023 – 2028. Kegiatan yang digelar merupakan program fasilitasi pemberdayaan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Direktorat Kepercayaan dan Masyarakat Adat (KMA) Kemendikbudristek, yang diselenggarakan kerja sama Gemapakti DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Gemapakti merupakan organisasi pendukung bidang kepemudaan dari organisasi induk Majelis Luhur Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa Indonesia (MLKI). Generasi Muda Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (Gemapakti), sebagai generasi penerus ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, di mana memiliki tugas dan tanggung jawab menjaga keberlangsungan dan pelestarian nilai-nilai ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di masa depan.

Gemapakti siap melestarikan nilai-nilai ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Dari dasar tugas dan tanggung jawab yang sama dan keinginan untuk memperkuat ikatan persaudaraan antarsesama Generasi Muda Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Indonesia, Gemapakti menjadi wadah mengembangkan kapasitas generasi muda yang berintegritas kebangsaan. Gemapakti juga ikut berperan aktif dalam melestarikan dan mengamalkan perikehidupan kemanusiaan yang berbudi pekerti luhur dalam mencapai cita-cita kehidupan adil dan makmur serta sejahtera lahir dan batin.

Dalam sarasehan yang digelar di Jakarta Timur, peserta mendapatkan materi pembekalan sebagai penguatan dan wawasan antara lain, antara lain materi organisasi kepemudaan, payung hukum Penghayat Kepercayaan maupun HAM dan advokasi. Pembekalan penguatan dan wawasan kepada para peserta sarasehan menjadi sangat penting, mengingat wawasan yang luas merupakan kemampuan dasar dalam mengelola suatu organisasi agar eksistensi Penghayat Kepercayaan terus berkesinambungan dan berjalan dengan baik.

Melalui sarasehan Gemapakti DKI Jakarta, diharapkan pengurus periode 2023 - 2028 kompenten dan memiliki komitmen tinggi menjalankan program kerja sehingga dapat meningkatkan eksistensi Generasi Muda Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dapat mendorong terjadinya sinergi antarorganisasi kepercayaan sampai dengan Pemerintah Daerah dan meningkatkan peran serta Pemerintah Daerah dalam memberikan layanan kepada Penghayat Kepercayaan dan Masyarakat Adat.

Sementara perwakilan Dit KMA Kemendikbudristek Minang Warman MSi menyampaikan,  penurunan angka Penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena kurangnya regenerasi dari organisasi dan transmisi pengetahuan tentang ajaran leluhur tidak berjalan dengan baik. Dikatakan Minang Warman, Dit KMA berharap Gemapakti DKI Jakarta menjadi katalisator untuk perkembangan Gemapakti,.

“Harapan kami juga, melalui Gemapakti juga dapat beradaptasi dan aktualisasi pemahaman budi pekerti luhur dengan lingkungan dan zaman. Berani menunjukkan diri sebagai Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena secara Undang-undang regulasi penghayat sudah terjamin,” beber Minang Warman.

“Gemapakti DKI Jakarta dapat menjadi tahap awal untuk eksistensi pemuda Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena terletak pada ibu kota negara yang banyak menjadi pusat berbagai instansi,” imbuh Minang Warman.

Sedangkan perwakilan MLKI Pusat Naen Soeryono menyatakan, peran pemuda menjadi sangat penting dalam melestarikan nilai-nilai budaya dan untuk regenerasi organisasi. “Diharapkan Gemapakti bangkit dan jangan berkecil hati dengan organisasi pemuda komunitas lain karena kita setara dengan mereka dan belajarlah dari organisasi lain agar Gemapakti tetap berkembang lebih baik lagi,” pesan Naen Soeryono.

Presidium Gemapakti Pusat Wijanarko menegaskan, dengan berada di Ibu kota negara diharapkan Gemapakti DKI Jakarta dapat meningkatkan eksistensi Gemapakti dan berjejaring secara luas. “Gemapakti DKI Jakarta untuk tetap solid dalam beroganisasi, bijaksana dalam pengambilan keputusan terkait organisasi dan mengamalkan budi pekerti luhur sesuai ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” harap Wijinarko. (*/saraswati)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM