Selasa, 12 Oktober 2021

Pemdes Banyuurip-Purworejo Siapkan Merti Desa di Situs Perigi

Kerja Sama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Warga Sambut Antusias 

Situs Perigi di Desa Banyuurip Kabupaten Purworejo menjadi kebanggaan warga sekitar
PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID - Pemerintah Desa Banyuurip Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, setiap tahunnya menggelar merti desa yang digelar di Situs Perigi, Desa Banyuurip. 

Siapa tak kenal dengan Situs Perigi? Sangat dikenal, sejarahnya begitu mengakar. Bahkan banyak yang berkunjung dari berbagai daerah di tanah air ke kawasan tersebut yang sarat nilai sejarah Kerajaan Majapahit. 

Biasanya, merti desa digelar dengan pagelaran wayang kulit, namun di tahun ini masih dalam pembatasan kegiatan masyarakat, merti desa digelar namun sementara pagelaran wayang kulit belum digelar. 

"Rencananya merti desa di Situs Perigi Desa Banyuurip digelar pada Kamis 14 Oktober 2021 mendatang. Memang digelar setiap tahunnya, kami dari Pemdes juga ikut menyiapkannya. Dan memang bekerja sama dengan pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, mengingat keberadaan Situs Perigi yang menjadi salah satu cagar budaya di Kabupaten Purworejo," beber Kepala Desa Banyuurip Teguh Susanto SH kepada kabarjateng, baru-baru ini. 

Salah satu warga setempat, Andi, yang ditemui media ini, juga menyambut antusias adanya merti desa di Situs Perigi Desa Banyuurip. "Sudah menjadi tradisi dan budaya yang mengakar di masyarakat, setiap tahunnya digelar merti desa. Kami warga semua, menyambut antusias, bagian dari melestarikan budaya, dan selalu memohon tuntunan Yang Kuasa, agar semua warga Desa Banyuurip sehat dan berkah bagi semua," tegas Andi. (kj)  

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM