Senin, 27 Februari 2023

Sukses Pelaksanaan F1 Powerboat World Championship 2023 di Danau Toba

TOBA, KABARINDONESIA.CO.ID - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi kesuksesan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Perahu Motor atau F1 Powerboat World Championship (F1H20) 2023 yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, pada Jumat - Minggu, 24 - 26 Februari 2023. Sekalipun race kedua pada balapan Minggu (26/2/2023) yang sempat digelar sebentar, terpaksa dihentikan karena faktor cuaca. Hasil F1 Powerboat Championship 2023 Danau Toba dimenangkan Pembalap Stromoy Racing, Bartek Marszalek setelah menyelesaikan 18 laps di race pertama. 

Posisi kedua ditempati Sami Selio dari Tim Sharjah yang terpaut 01,97 detik dari Bartek Marszalek. Sedangkan posisi ketiga diraih Erik Stark asal tim Victory yang terpaut 03,26 detik. "Indonesia sekali lagi membuktikan mampu menyelenggarakan kejuaraan dunia F1 Powerboat World Championship dengan lancar dan sukses. Sebelumnya, tahun lalu kita juga sukses menggelar salah satu seri dalam agenda balap MotoGP, World Superbike, dan World Motocross. Kejuaraan Dunia Perahu Motor di Danau Toba ini merupakan edisi perdana dari 8 seri yang akan digelar selama F1 Powerboat World Championship 2023," ujar Bamsoet usai menyaksikan kejuaraan dunia F1 Powerboat World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu (26/2/2023). 

Hadir antara lain Presiden Joko Widodo, Menko Marves Luhut Pandjaitan, Menpora Zainudin Amali, Menparekraf Sandiaga Uno, Menkominfo Johnny G Plate, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas, Menkumham Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serta Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono. 

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, bangsa Indonesia patut berbangga karena sekalipun belum memiliki asosiasi serta atlet balap power boat, namun Union Internationale Motonautique (UIM) dan H2O Racing sebagai pihak penyelenggara, memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk menyelenggarakan salah satu seri F1 Powerboat World Championship. F1 Powerboat World Championship ini merupakan ajang balap jet air bergengsi di dunia yang setara dengan balap mobil Formula 1 serta diikuti 20 peserta dari 10 tim asal berbagai negara. 

"Saat ini IMI telah diminta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali untuk membawahi olahraga powerboat di Indonesia. IMI sangat siap untuk mencetak atlet powerboat serta menyelenggarakan kejuaraan nasional maupun internasional powerboat di Indonesia. Dengan masuknya powerboat ke dalam IMI, berarti IMI tidak hanya memiliki balap di aspal dan tanah saja, tetapi juga balap di air," kata Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Indonesia menjadi negara ke-40 yang menggelar F1 Powerboat World Championship. Kejuaraan dunia ini pertama kali diselenggarakan pada 1981 dan diadakan setiap tahun. Namun, pada 1987-1989 dan 2020 F1 Powerboat World Championship sempat ditiadakan. 

"Pemilihan Danau Toba sebagai tempat penyelenggaraan F1 Powerboat World Championship 2023 di Indonesia sangat tepat. Karena Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dan ini pertama kalinya F1 Powerboat World Championship diadakan di danau vulkanik. Pelaksanaan Kejuaraan Dunia Perahu Motor di Danau Toba ini juga akan meningkatkan sports tourism, membantu memulihkan pariwisata Indonesia serta memberikan multiplier effect bagi berbagai sektor ekonomi bagi masyarakat sekitar Danau Toba," pungkas Bamsoet.(*/kg)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM