Rabu, 21 April 2021

Kades Lermatang-Kepulauan Tanimbar Janji Maksimalkan Pemberdayaan Masyarakat

Akhill Nusmese
SAUMLAKI, KABARINDONESIA.CO.ID - Masyarakat Desa Lermatang Kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku, berharap kepala desa yang baru dilantik dapat membangun Desa Lermatang. Dengan pembangunan tersebut, agar Lermatang menuju desa yang mampu bersaing dengan desa-desa lain khususnya di Kecamatan Tanimbar Selatan dan umumnya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. 

Kepala Desa Lermatang, Akhill Nusmese SSos, kepada media ini Senin (19/4/2021), mengaku siap mewujudkan pembangunan di Desa Lermatang. Nusmese merupakan Kades termuda di Kecamatan Tanimbar Selatan, baru dilantik dua pekan lalu.  

"Masyarakat Lermatang sangat membutuhkan adanya kegiatan pemberdayaan untuk menambah taraf hidup masyarakat yangg 90 persen adalah petani. Saya sangat menghargai  keinginan masyarakat Desa Lermatang untuk melaksanakan pemberdayaan sebesar-besarnya sebagai wujud visi dan misi saya yang merupakan janji kepada mereka masyarakat," beber Nusmese. 

"Sat ini saya masih mempelajari segala sesuatunya, termasuk program dari kepemimpinan Kades lama perlu dilanjutkan," imbuh dia.  

Nusmese juga menaruh perhatian serius, terkait masalah jual beli tanah yang acap dijadikan permainan mafia tanah selama ini. Nusmese juga sedang menyiapkan administrasi pemerintahan termasuk pembentukan perangkat desa yang baru.  

"Saya siap mengakomodir semua komponen masyarakat desa, termasuk Tua-tua Adat Negeri untuk membicarakan masalah gak petuanan negeri yang merupakan warisan nenek moyang Desa Lermatang yang kini menjadi dilema dengan desa tetangga seperti Desa Sifnana dan Desa Bomaki di kecamatan Tanimbar Selatan ini,". 

Ditanya tentang rencana pembangunan jangka pendek yang merupakan program prioritas pembangunan Desa Lermatang, Nusmese hanya menegaskan, jika program pertama tentang pembangunan desa harus disesuaikan dengan program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang menetapkan tahun 2021 sebagai tahun pemberdayaan masyarakat, dan hal tersebut harus dilaksanakan. 

Sebagai Kades yang masih muda, dirinya sangat membutuhkan dukungan masyarakat luas, terutama tua-tua adat, gereja dan pemuda yang ada di desa untuk bahu membahu membangun Desa Lermatang terutama dalam menyambut beroperasinya LNG Blok Masela yang seluruh pembangunan infrastrukturnya dibangun di atas petuanan Desa Lermatang. (agus masela)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM