Minggu, 07 November 2021

Saiful Mujani: Klaster Para Capres Bukan Ketum Parpol, Ganjar Berpeluang Besar Kalahkan Mereka

 

          Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID  Pendiri Saiful Mujani Reaserch and Consulting (SMRC), Saiful Mujani merangkum ada empat nama di luar kelompok ketum parpol yang berpotensi tinggi menjadi capres di 2024. 

Melihat sentimen pemilih, ada sejumlah nama calon presiden (Capres) potensial untuk Pilpres  2024 dari unsur di luar ketua umum partai politik (Ketum Parpol). 


Antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Di antara nama-nama ini, Ganjar unggul cukup jauh, bahkan besar peluangnya untuk mengalahkan semua calon,” kata Saiful Mujani akun Twitter pribadinya @Saiful_Mujani, Sabtu (6/11).

Namun begitu, Guru Besar Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menilai elektabilitas Ganjar akan tidak berarti apa-apa jika PDI Perjuangan tidak mengusungnya di Pilpres 2024 nanti. Sebab, PDIP digadang akan mengusung Puan Maharani bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Kalau Ganjar tidak maju, lalu siapa? Mungkin Anies, Ridwan, atau Khofiffah. Sementara, Anies berpeluang unggul atas Prabowo dan AHY,” katanya.

Menurut Saiful, jika Anies unggul atas Prabowo, apakah PDIP akan tetap mencalonkan Prabowo bersama Puan Maharani?

Lalu, apakah mungkin Golkar akan tetap mendukung Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mengingat, capres unsur Ketum Parpol Prabowo dan AHY menempati urutan teratas. Keduanya diprediksi akan menjadi rival di Pilpres 2024 mendatang.

“Golkar mungkin memasangkan Airlangga dengan Anies, dan partai-partai lain mungkin akan mendukung Anies-Airlangga melawan Prabowo-Puan: PDIP-Gerindra vs the rest,” tandasnya.(*/mo)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM