Rabu, 06 Juli 2022

Dibentuk Asosiasi Pengusaha Pasir Indonesia : Sumaria Daeng Toba Ketua Umum

Akan Membuka Penambangan di Kutai Lama, Bantu Penambang dalam Pemasaran 

Para pengurus APPI Sumaria Daeng Toba, Arafat A, Zulkarnaen, Pikal, Tomas, H Rahmad dan Herry
SAMBOJA, KABARINDONESIA.CO.ID - Secara resmi telah dibentuk Asosiasi Pengusaha Pasir Indonesia (APPI), di mana ditunjuk sebagai ketua umumnya yaitu Sumaria Daeng Toba (SDT) yang merupakan salah satu tokoh perempuan di Kalimantan Timur dan aktif dalam berbagai organisasi sosial maupun politik.

Dihubungi media ini Rabu 6 Juli 2022, Sumaria mengakui, jika pihaknya akan membuka tambang pasir di kawasan Kutai Lama. "Benar, APPI telah dibentuk dan akan membuka tambang pasir di Kutai Lama, Kabupaten Kutai Kartanegara," tegas Sumaria yang juga Ketua Umum Sahabat Tani Indonesia. 

Lanjut Sumaria, pihaknya membentuk Asosiasi Pengusaha Pasir Indonesia, karena melihat banyaknya para pengusaha atau penambang pasir yang masih belum bisa menjual atau menyalurkan pasir dengan baik seperti batu bara. "Maka kami bentuk asosiasi ini (APPI) agar seluruh pengusaha atau penambang pasir se-Indonesia dapat menjalankan penambangan dan menjual pasir dengan harga yang sesuai," kata Sumaria. 

APPI saat kunjungan ke lokasi penambangan di Kutai Lama
"Karena kami melihat banyak tambang yang potensi, tapi susah pasarnya. Kami telah membuka lahan di Kutai Lama Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur seluas kurang lebih 200 hektare. Tambang pasir Silika, juga dulu sudah dipakai proyek jalan tol Balikpapan - Samarinda. Dan ini juga persiapan untuk pembangunan di.Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berada di Kaltim. Kami mengharapkan kepada para pemilik lahan, mari kita bergabubg di APPI untuk lebih memudahkan penambangan, pemasaran serta pengurusan legalitasnya," harap Sumaria. 

Di bagian akhir wawancara, Sumaria juga menegaskan, dengan terbentuknya APPI, pihaknya ingin membantu masyarakat yang  mempunyai lahan tambang agar bisa menikmati hasilnya dan juga memanfaatkan tenaga kerja lokal dalam usaha penambangannya. (ki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM