Senin, 27 Februari 2023

Mengenal Paguyuban Seni Jaran Kepang Bocah "Ateara Wirasetya"

Tempat Latihan di Eks Kawedanan Purwodadi, Tampil di Jalan Sehat kabarjateng 

Ateara Wirasetya saat tampil di jalan sehat kabarjateng Minggu 26 Februari 2023
PURWOREJO, KABARINDONESIA.CO.ID - Paguyuban Seni Jaran Kepang Bocah "Ateara Wirasetya" , merupakan sebuah Sanggar Seni Tari Jaran Kepang Anak yang berdiri pada Januari tahun 2023, berlokasi di Pendopo eks Kawedanan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Untuk latihannya,  setiap hari Minggu pukul 09.30 - 12.00 WIB. Pesertanya, anak-anak usia 5 sampai 15 tahun dari TK sampai SMP, dengan jumlah anggota saat ini mencapai 20-an anak. Anggotanya sementara ini dari  tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Purworejo, yaitu Kecamatan Purwodadi, Bagelen dan Kecamatan Ngombol. 

Berdirinya paguyuban ini, berawal dari kegemaran akan menari jaran kepang anak-anak Desa Jenarlor, Purwosari, Desa Purwodadi dan sekitarnya, hingga membuat sang pendiri sekaligus pelatih mendirikan sebuah sanggar pelatihan jaran keapang anak di eks Kawedanan Purwodadi. Payububan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Purwodadi untuk pemakaian tempat. 

Pelatihnya dari Grup Jaran Kepang Jenarlor Turonggo Seto, Mas Kris, yang sudah sekira empat tahun berkecimpung di latihan tari jaran kepang khusus mengajari anak-anak. "Karena semakin lama anak-anak sudah besar dan jarang berlatih dan kurangnya generasi penerus sehingga mencari anak-anak dari desa lain yang menggemari jaran kepang tetapi tidak ikut grup jaran kepang," kata Mas Kris, yang komitmen dengang pelestarian seni budaya tradisional Jawa. 
Untuk diketahui, paguyuban ini tampil dengan sangat baik, saat event jalan sehat kabarjateng pada Minggu 26 Februari 2023 di eks Kawedanan Purwodadi. Jalan sehat dihadiri Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH dan jajaran Forkopimcam Kecamatan Purwodadi, Wakil Ketua DPRD Purworejo Kelik Ardani SE, anggota DPRD Purworejo Sigit Apriyanto ST,. Hadir pula tokoh masyarakat Purworejo Danan Purnomo SH MSi, termasuk Dirut PDAM Tirta Perwitasari Kabupaten Purworejo Hermawan Wahyu Utomo ST MSi.  
 
Mas Kris menambahkan, meski baru berdiri sekira satu bulan tetapi sudah berlatih tampil pentas tiga kali. "Yaitu di Pendopo eks Kawedanan Purwodadi yakni saat latihan pentas, kemudian pentas di Sepeda Santai Kecamatan Purwodadi dan terakhir jalan sehat kabarjateng 2023 Dengan adanya pentas tersebut menumbuhkan mental dan keberanian anak untuk tampil menunjukkan bakatnya sehingga semakin baik dalam menampilkan sebuah seni tari yang indah untuk dilihat dan dinikmati," tutup Mas Kris. (*/kj)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM