Senin, 27 November 2023

Endah Hanna Rosanti : Kampanyekan Sadar Wisata dan Sadar Lingkungan di Kabupaten Purworejo

Endah Hanna Rosanti
PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID -  Aksi bersih pantai di Pantai Dewa Ruci Desa Jatimalang Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, menjadi salah satu program kerja dari Bagus Roro Purworejo. Sebagai paguyuban Duta Pariwisata Kabupaten Purworejo, salah satu tugas utama dari Bagus Roro adalah kampanye sadar wisata melalui Sapta Pesona. Hal ini disampaikan Endah Hanna Rosanti SIP MSi, selaku Kabid Pemasaran Pariwisata, Sumber Daya Pariwisata dan Ekraf Dinporapar Kabupaten Purworejo yang hadir dalam aksi bersih pantai, Minggu 26 November 2023 di Pantai Dewa Ruci.

Lanjut Endah, Sapta Pesona yang terdiri dari aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan menjadikan aksi bersih pantai, penting untuk dikampanyekan. Hal itu sejalan dengan kampanye sadar wisata 5.0 yang digalakkan oleh Kemenparekraf, di mana wisata harus berkelanjutan salah satunya dengan peduli lingkungan. 

Hadir pula dalam kegiatan peduli lingkungan pada Minggu 26 November 2023 di Pantai Dewa Ruci, jajaran forkopimcam Kecamatan Purwodadi, Pos AL, BPBD, Direktur PDAM Purworejo dan instansi lain yang turut mendukung aksi bersih pantai. 

Masih kata Endah, aksi yang melibatkan organisasi dan komunitas pemuda di Kabupaten Purworejo sejumlah 150 orang itu, diharapkan mampu memberikan motivasi dan pengetahuan dasar kepada generasi muda akan pentingnya mengelola sampah dan menjaga kebersihan. 

Dalam aksi ini juga diselenggarakan sarasehan tentang pengelolaan sampaj yang diisi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo. Aksi bersih pantai ini menunjukkan bahwa duta wisata atau Bagus Roro mampu memberikan kontribusi nyata dalam kepariwisataan lokal Purworejo serta mampu berkokaborasi tidak hanya dengan Dinporapar, tetapi juga dengan masyarakat melalui pokdarwis dan juga generasi muda lintas komunitas dan organisasi. 

"Kampanye sadar wisata, sadar lingkungan ini, akan menyeluruh di Kabupaten Purworejo," tegas Endah. "Gerakan sadar wisata dan lingkungan ini, dimulai dari pemuda atau generasi muda. Kami akan dorong untuk peduli lingkungan, termasuk bagaimana pengelolaan sampah," urai Endah. 

"Kami harapkan melalui kegiatan aksi bersih pantai ini, menjadi inspirasi dan motivasi berbagai komponen masyarakat lainnya, khususnya generasi muda. Kebersihan, peduli lingkungan dimulai dari sendiri," tutup Endah. (kj)

 

reporter  :  ngabdiri koim

editor     : tomo widodo 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM