Membangun Sinergitas LPKA Kutoarjo - Perguruan Tinggi
PURWOREJO, KABARJATENG.COID - Sebanyak 81 mahasiswa dan 5 dosen dari Fakultas Psikologi
Universitas Semarang (USM) melakukan kunjungan kuliah lapangan (KKL) ke
Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas 1 Kutoarjo, Selasa
(10/6/2025).
Kunjungan yang diketuai Dr Retno Subaidah Juita SH MH disambut
Kepala LPKA Kutoarjo, Ahmad Fauzi BcIP SSosMH melalui Kepala
Seksi Pembinaan Tanti Widiyanah AMdIP SH di Aula Sahardjo pukul 09.30
WIB.
“Kami menyambut baik kunjungan USM sebagai upaya membangun sinergitas
antara LPKA Kutoarjo dan perguruan tinggi. Harapan kami, mahasiswa dapat
menggali lebih dalam pengetahuan mengenai tugas dan fungsi LPKA Kelas I
Kutoarjo serta melihat secara langsung proses pembinaan yang kami
jalankan,” ujar Tanti dalam sambutannya.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama dosen mata kuliah Psikologi Forensik Dr Retno Subaedah Juita SH MH mengungkapkan bahwa kunjungan
ini merupakan momen penting bagi mahasiswa untuk menghubungkan teori
yang telah mereka pelajari di bangku kuliah dengan praktik di lapangan,
khususnya dalam mata kuliah psikologi forensik dan patologi dan
rehabilitasi sosial.

“Kami membawa 81 mahasiswa dari peminatan Psikologi semester 6, yang
rata-rata sangat aktif dalam kegiatan akademik maupun organisasi.
Kunjungan ini merupakan bagian dari pembelajaran lapangan untuk mengenal
lebih dekat proses pembinaan di LPKA. Kami sangat berterima kasih atas
sambutan yang hangat dari pihak LPKA. Insyaallah, jika hari ini saya
belum sempat berdiskusi lebih lanjut, kami berharap dapat melanjutkan
kerja sama di kesempatan mendatang,” ungkap Subaedah.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai profil
LPKA Kelas I Kutoarjo, jenis-jenis program pembinaan untuk Anak Binaan.
Materi disampaikan secara komprehensif disertai diskusi dan tanya jawab
oleh Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak,
Dedy Winarto.
Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya peran program pembinaan dalam
mendukung tumbuh kembang anak, non diskriminasi dan demi kepentingan
terbaik bagi anak, mendukung proses reintegrasi sosial Anak Binaan serta
kolaborasi program pembinaan dengan berbagai stakeholder, termasuk
bidang pendidikan, konseling psikolog, psikososial, membangun empati,
disiplin, kejujuran dan tanggung jawab.
Dijelaskan Dedy, kegiatan kunjungan kuliah lapangan ini
menjadi bentuk nyata integrasi antara dunia pendidikan tinggi dan
lembaga pemasyarakatan anak. LPKA Kelas I Kutoarjo berkomitmen untuk
terus membuka ruang kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka
mendukung program pembinaan yang lebih humanis, berbasis ilmu
pengetahuan dan tentunya ramah Anak.
Sementara itu, pihak Universitas Semarang berharap kegiatan ini bisa
menjadi awal dari kolaborasi yang berkelanjutan, tidak hanya dalam
bentuk kunjungan, tetapi juga kerja sama penelitian, praktik magang dan Tri Darma perguruan tinggi. (*/kj)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar